Rabu, 11 Maret 2015

Sejarah Singkat Teknologi Selular


Indonesia dalam menerapkan teknologi telekomuniskasi termasuk cepat, meskipun agak tertinggal dari negara lain heheheh, namun demikian teknologi telekomunikasi harus didukung masyarakat dan pemerintah. bagaimana mungkin perusahaan telekomunikasi mempunya teknologi hebat tapi warganya tidak butuh dan tidak menggunakan. oleh sebab itu bertahap dilakukan di Indonesia.

Berikut sejarah perkembangan teknologi selular yang akhirnya masuk ke Indonesia:
  • Generasi Pertama: hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System). Generasi ini saya ikut membangun bersama operator.
  • Generasi Kedua: dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah – menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. Dalam Generasi ini saya ikut berjibaku bersama operator juga
  • Generasi Ketiga: digital, mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO. Ini juga menjadi pengalaman terindah karena ikut bergabung bersama operator
  • Generasi Keempat: Ini Teknologi selular yang kita semua sedang menuju kesana

Secara sederhana, dapat diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog / PSTN yang menggunakan seluler. Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN.

Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5 yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.

Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik).



* berbagai sumber dan wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar